Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Perbedaan Niger dan Nigeria, Negara Bertetangga di Benua Afrika

JAKARTA || grhaputih.com

Dikutip dari IDNTIMES.com - Kemiripan nama negara Niger dan Nigeria seringkali membuat orang bingung dan mengira kedua negara tersebut adalah sama. Padahal Niger dan Nigeria adalah dua negara yang berbeda walaupun memiliki beberapa kemiripan. Kemiripan pertama adalah keduanya sama-sama berada di Benua Afrika dan kemiripan kedua adalah keduanya dilewati Sungai Niger.

Persamaan tersebut tak lantas membuat dua negara tersebut bersatu. Niger dan Nigeria memiliki kedaulatan sendiri-sendiri sebagai sebuah negara. Keduanya dijajah oleh negara berbeda yang ternyata berpengaruh terhadap bahasa resmi yang digunakan sehari-hari. Tak hanya itu, ada beberapa perbedaan lain yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. Sama-sama di Afrika, namun beda lokasi

5 Perbedaan Niger dan Nigeria, Negara Bertetangga di Benua Afrika ilustrasi Nigeria (pixabay.com/Ante Hamersmit)

Dikutip dari Worlddata, Niger atau Republic of the Niger adalah negara yang terletak di Afrika Barat dengan luas 1.267.000 km2. Pada bagian timur laut, Niger berbatasan dengan Libya, timur berbatasan dengan Chad, Selatan berbatasan dengan Nigeria dan Benin, barat berbatasan dengan Mali serta barat laut berbatasan dengan Aljazair.

Pemerintahan Niger berupa Republik dengan ibukota Niamey yang juga menjadi kota terbesar di Niger. Untuk penduduknya, mereka disebut dengan warga Nigerien.

Sedangkan Nigeria atau Federal Republic of Nigeria, dilansir dari Worlddata, adalah negara pesisir di Afrika dengan luas 923,770 km2. Bagian barat Nigeria berbatasan dengan Benin, tenggara degan Kamerun, timut laut dengan Chad serta Utara dengan Niger.

Kalau Masyarakat Niger disebut Nigerien, masyarakat Nigeria disebut dengan Nigerian. Bentuk pemerintahan Nigeria adalah Fereral Republik dengan Abuja sebagai ibukotanya.

2. Berbeda penjajah

5 Perbedaan Niger dan Nigeria, Negara Bertetangga di Benua Afrika ilustrasi Niger (pexels.com/André)
Dikutip dari Britannica, perjuangan kemerdekaan Niger dimulai tahun 1899 ketika Prancis melakukan penaklukan wilayah. Di tahun 1954-1955, Prancis memegang kendali politik yang dilanjutkan dengan ekskekutif lokal pertama yang didirikan tahun 1957. Sayangnya, tahun tersebut Niger masih dalam bayang-bayang Prancis. Tiga tahun kemudian Songhai-Zarma Hamani Diori, akhirnya mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 3 Agustus 1960.

Masih dikutip dari Britannica, perjuangan kemerdekaan Nigeria dilakukan sejak penetrasi Inggris di tahun 1800-an. Di tahun 1930-an kegiatan politik bertujuan mengakhiri kekuasaan Inggris mulai bermunculan dan Inggris berupaya untuk mencegah hal itu terjadi. Namun Inggris akhirnya memberikan kemerdekaan penuh pada 1 Oktober 1960 setelah perlawanan terjadi di berbagai wilayah Nigeria..

 2. Nigeria adalah raksasa Afrika

5 Perbedaan Niger dan Nigeria, Negara Bertetangga di Benua Afrika ilustrasi ekonomi (unsplash.com/Omotayo Tajudeen). 
Dilansir dari Differencebetween, Niger disebut sebagai negara berkembang yang bertumpu pada pertanian. Dalam perekonomian, Niger adalah pengekspor bahan mentah, terutama biji uranium.

Sedangkan Nigeria yang sering disebut dengan 'Raksasa Afrika' ini memiliki ekonomi yang besar dan dianggap pasar berkembang dengan ekonomi campuran. Dikutip dari Differencebetween, Nigeria adalah memiliki sumber daya alam yang melimpah serta memiliki sektor keuangan, hukum, komunikasi, transportasi, dan bursa saham yang berkembang dengan baik.

4. Jumlah populasi dan bahasa yang digunakan

5 Perbedaan Niger dan Nigeria, Negara Bertetangga di Benua Afrika ilustrasi populasi (unsplash.com/Muhammad-taha Ibrahim)

Berdasarkan Worlddata, Niger memiliki populasi sekitar 25.131.000 jiwa dengan persentase agamanya yaitu 80 persen Islam dan agama lain sebanyak 20 persen. Sedangkan Nigeria merupakan negara terpadat di Afrika dan terpadat ketujuh di dunia. Populasinya sebanyak 211,401,000 jiwa dengan persentase agama yaitu 50 persen Islam, 40 persen Kristen, dan 10 persen agama pribumi.

Dilansir Differencebetween, warga Niger banyak memakai Bahasa Prancis sebagai bahasa resmi. Sedangkan Nigeria memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

5. Benderanya beda warna

5 Perbedaan Niger dan Nigeria, Negara Bertetangga di Benua Afrika ilustrasi Nigeria (unsplash.com/Emmanuel Ikwuegbu)

Berbeda negara tentu saja Niger dan Nigeria memiliki warna bendera yang juga berbeda. Dikutip dari Worldatlas, Bendera Niger memiliki tiga warna yaitu oranye mewakili bagian utara yaitu Gurun Sahara, putih melambangakan kesucian dan hijau adalah simbol tanah subur di bagian selatan yang juga berarti harapan. Di bagian tengah ada pita putih yang memiliki lingkaran oranye.

Berbeda dengan Niger, Nigeria memiliki bendera dengan warna hijau dan putih dalam 3 baris vertikal. Berdasarkan Worldatlas, warna hijau memiliki simbol kekayaan alam bangsa dan putih melambangkan perdamaian.

Memiliki letak yang saling berbatasan dan namanya yang sangat mirip, membuat banyak orang bingung atau mungkin berpikir keduanya adalah negara yang sama. Namun, fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa dua negara tersebut memiliki indentitas dan sejarah yang berbeda. (gp/tim) 



Posting Komentar

0 Komentar