Ticker

6/recent/ticker-posts

Gedung Peninggalan Belanda Disulap Jadi Taman Benyamin Sueb, Pusat Kebudayaan dan Kesenian Betawi, Ada Museum

Dikutip dari KABAR BANTEN - Jalan-jalan saat liburan baik itu bersama keluarga atau teman tidak mesti ketempat yang mahal apalagi harus wisata ke luar negeri, ada tempat wisata sekaligus edukasi yaitu Taman Benyamin Sueb yang merupakan pusat kebudayaan Betawi.

Di Kota Jakarta ada sebuah gedung kokoh bekas peninggalan Belanda dengan arsitektur bangunan jaman kolonial.

Di tempat ini dulunya difungsikan sebagai Gedung Kantor Kodim 05/05 yang akhirnya mengalami pemugaran sejak tahun 2013.

Bagi generasi 60 sampai 80-an, mungkin masih ingat sama sosok seorang yang terkenal di dunia hiburan namanya Benyamin Sueb.

Pria kelahiran 5 Maret 1939 ini, memiliki jasa besar dalam mengembangkan kesenian Betawi termasuk Gambang Keromong.

Beliau bisa disebut sebagai seniman yang serba bisa karena punya talenta sebagai penyanyi, aktor, dan pelawak serba bisa yang banyak menghasilkan lagu-lagu Betawi yang masih populer hingga sekarang.

Lantas apa kaitannya dengan gedung bekas kantor Kodim tadi dengan wisata Taman Benyamin Sueb?

Sebagaimana dikutip Kabar Banten dari Channel Youtube Jeng Uwi, berikut ini informasi tentang wisata Taman Benyamin Sueb, seniman legendaris asal Betawi yang jadi pusat kebudayaan Betawi.

Saat ini gedung tersebut dijadikan sebagai tempat wisata Taman Benyamin Sueb atau Pusat Kebudayaan Betawi yang di dalamnya terdapat museum Benyamin Sueb.

Barang-barang Benyamin Sueb atau yang lebih akrab dipanggil Bang Ben, ada di gedung tersebut.

Barang-barang yang tersimpan di gedung tersebut seperti foto, pakaian termasuk baju pentas, poster film, piagam, hingga barang pribadi seperti jam tangan, sepatu, dan yang lainnya bisa di temukan di gedung tersebut.

Selain itu ada juga koleksi kaset, penghargaan dan foto-foto Benyamin Sueb sedari kecil hingga dewasa.

Lukisan wajah Benyamin Sueb pun tersimpan di sana, beberapa foto yang di simpan di Gedung museum itu dilengkapi juga keterangan dibawahnya sebagai informasi.

Taman sekaligus museum ini letaknya sangat strategis yaitu berada di Jalan Bekasi Timur No 76 Jatinegara Timur, Jakarta Timur.

Lebih tepat lagi berada di depan Stasiun Kereta Api Jatinegara, lokasinya mudah dijangkau karena terdapat di pinggir jalan besar.
Bagi anda yang akan berkunjung ke Taman Benyamin Sueb bisa menggunakan transportasi Kereta Api, Bus Transjakarta, angkutan umum, atau kendaraan online.

Mengenai jam operasional Museum di Taman Benyamin Sueb ini buka setiap hari dari jam 08.00 - 16.00 WIB.

Pengunjung tidak dikenakan biaya atau gratis untuk masuk ke tempat wisata Taman Benyamin Sueb ini.

Pada bulan September 2018, pemerintah provinsi DKI Jakarta meresmikan Taman Benyamin Sueb ini dengan harapan agar bisa menjadi pusat kebudayaan Betawi dan pusat kesenian warga.

Tempat wisata ini bisa dikatakan sebagai mimpi Benyamin Sueb yang kini menjadi nyata.
Sebelumnya memang Benyamin Sueb bercita-cita ingin memiliki sebuah tempat untuk dijadikan sebagai tempat kreativitas seni dan pusat kebudayaan Betawi agar mempunyai wadah.

Hal tersebut bertujuan agar mudah untuk disalurkan dan dikenal kepada masyarakat luas terutama anak muda jaman sekarang.

Sepeninggalan seniman legendaris Betawi ini, beliau telah mempopulerkan budaya Betawi melalui lebih dari 50 film yang dibintanginya.

Selain itu Benyamin Sueb juga pernah menjadi komposer lebih dari 300 lagu asli karyanya.

Diantara beberapa film yang pernah dibintangi Benyamin Sueb yang bisa ditonton antara lain adalah Intan Berduri dan Si Doel Anak Modern.

Setelah melihat-lihat seluruh koleksi yang ada di Museum Benyamin Sueb, pengunjung bisa manfaatkan sisa waktu untuk berkunjung ke area Taman Benyamin Sueb.
Di Taman Benyamin Sueb, pengunjung bisa bersantai di dekat air mancur atau di gazebo yang rersedia.


Taman Benyamin Sueb ini memang tempat wisata yang mengedukasi dengan suasana taman yang sejuk nan asri, cocok sekali dijadikan rekomendasi untuk liburan sekaligus mengenal pusat kebudayaan Betawi.

Bagi para penggemar bang Ben, mesti berkunjung ke tempat wisata ini, agar bisa melihat secara langsung bukti perjalanan karir beliau serta koleksi barang-barangnya.

Itulah informasi tentang wisata Taman Benyamin Sueb seniman legendaris yang jadi pusat kebudayaan Betawi, semoga informasi ini bermanafaat.***

Sumber:
https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-596188923/gedung-peninggalan-belanda-disulap-jadi-taman-benyamin-sueb-pusat-kebudayaan-dan-kesenian-betawi-ada-museum?page=3

Posting Komentar

0 Komentar