Ticker

6/recent/ticker-posts

Kemantapan Jalan Provinsi Jateng 88%, Ganjar Dipuji Jokowi

Dikutip dari Beritasatu.com. Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan untuk meninjau perbaikan jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi di Provinsi Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi memberikan apresiasi atas gerak cepat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam proses perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi yang telah mencapai 88%.

Ditemani oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi menyaksikan kondisi jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi. Berdasarkan laporan Kementerian PUPR, 88% kondisi jalan provinsi di Jawa Tengah berada dalam kategori baik.

"Jawa Tengah saya lihat kemantapan jalannya, jalan provinsinya bagus. Kalau saya bandingkan di Sumatera, rata-rata hanya 60%, sedangkan di sini saya dapat laporan sudah 88% baik," ungkap Jokowi pada Minggu (23/7/2023).

Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa perbaikan jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi dilakukan dengan menggunakan konstruksi pengecoran berlapis, yang membutuhkan anggaran lebih mahal dibandingkan proses pengaspalan jalan biasa. Hal ini dikarenakan beberapa jalan di daerah tersebut memiliki kondisi tanah yang labil.

"Semoga dengan konstruksi ini, jalan Solo-Purwodadi tetap baik selamanya, karena konstruksinya sangat tebal, untuk tebalnya 10 cm dan ada lapisan 25 cm cornya lagi," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut bahwa pemerintah telah mengalokasikan total anggaran sebesar Rp 14 triliun untuk perbaikan jalan di seluruh daerah di Indonesia selama tahun 2023. Anggaran tersebut dua kali lebih mahal karena beberapa jalan dengan kondisi tanah yang labil dapat rusak dalam 2 tahun jika hanya menggunakan pengaspalan jalan biasa. Meskipun lebih mahal, Jokowi menegaskan bahwa angka tersebut merupakan investasi awal karena jalan dengan pengecoran berlapis dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun.


"Tapi sekarang, konstruksinya memang dua kali lebih mahal, tetapi dapat digunakan selama lebih dari 10 tahun. Ini akan baik karena jika hanya menggunakan aspal, hampir bisa rusak dalam dua tahun lagi," ujar Jokowi.


Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa semua proyek perbaikan jalan di seluruh Indonesia akan berjalan sepenuhnya pada akhir Juli 2023. Beberapa daerah sudah memulai proyek perbaikan jalan lebih awal dibandingkan daerah lain.



"Semuanya akan berjalan pada akhir Juli, sudah kontrak. Beberapa daerah, seperti di Bengkulu, sudah mulai berjalan, dan sebagian lainnya juga sudah berjalan. Insyaallah pada akhir Juli semuanya akan berjalan," pungkas Jokowi.


SUMBER:

https://www.beritasatu.com/ekonomi/1058559/kemantapan-jalan-provinsi-jateng-88-ganjar-dipuji-jokowi/2


Posting Komentar

0 Komentar