Ticker

6/recent/ticker-posts

Madame AVOCI Cooking Class di Misticanza Sahid

JAKARTA (23/7)  || grhaputih.com
Sabtu 22 Juli 2022, bersamaan dengan kopi darat AVOCI (Alphard Vellfire Owner Club Indonesia), para istri dari anggota AVOCI yang membentuk Madame AVOCI, mengadakan acara cooking class.

Karena keterbatasan ruang briefing awal yang beriaikan teori memasak, pizza margaritha khususnya, yang disampaikan oleh Chef Budiman, makan dibentuk grup-grup cooking class yang terdiri dari 6 orang.

Dalam penjelasannya, banyak hal yang memang menjadi surpise dalam pembuatan sepiring pizza, misalnya ada kombinasi 4 macam keju import, khusu untuk pizza Margaritha ala Misticanza, yang masing-masing akan memberi sensasi rasa berbeda.

Pizza ini populer di Italia. Konon, pizza klasik yang berasal dari Naples ini menjadi populer
sejak diperkenalkan oleh chef Raffaele Esposito yang membuat pizza ini untuk Ratu Margherita.

Warna pizza mirip dengan warna bendera Italia, merah (tomat), putih (keju mozzarella), dan hijau (basil).
 
Tingkat kesulitan: mudah
Waktu memasak : -30menit

Bahan
Kulit pizza
200 g tepung terigu
2 sdt ragi instan
1 sdt gula pasir
½ sdt garam
125 ml air hangat
1 ½ sdm minyak zaitun

Olesan  
100–150 g saus tomat segar *
250 g keju mozzarella, iris tipis
60 ml minyak zaitun
24 lembar daun basil, robek-robek
 
Cara masak
Kulit pizza: Campur tepung, ragi, gula, dan garam dalam mangkuk, aduk sampai tercampur rata. Buat lubang di tengahnya. Masukkan air hangat dan minyak zaitun, aduk sampai tercampur dan adonan licin. Uleni sampai adonan tidak lengket di tangan. Bagi adonan menjadi 2.
Masukkan ke dalam mangkuk beroles minyak, balik-balikkan, kemudian tutup mangkuk dengan sehelai serbet. Setelah adonan mengembang 2 x besar semula (1 jam), kempiskan.
Gilas setiap adonan ukuran bundar bergaris tengah 22 cm, lalu taruh di atas loyang.
Panaskan oven pada suhu 180º C. Panggang kulit pizza selama 10 menit sampai matang, angkat. Oleskan saus tomat di permukaan pizza, taruh irisan keju mozzarella di atasnya, panggang lagi sebentar sampai keju leleh.
Angkat, keluarkan dari oven, taruh di atas talenan. Percikkan minyak zaitun  dan taburi daun basil . Bubuhkan garam bila suka, hidangkan  selagi panas dengan memotong-motongnya sesuai selera. 
 
Catatan 
*Saus tomat dibuat dari 2 sdm minyak zaitun, 500 g tomat merah (seduh, kupas, buang biji, cincang), 1 sdm pasta tomat, 50 g bawang bombai cincang,1 batang thyme segar, 1 lembar bay leaf, ¼ sdt garam, ¼ sdt merica bubuk.  Panaskan minyak zaitun dalam panci, masukkan pasta tomat dan bawang bombai, tumis hingga bawang lunak. Masukkan tomat cincang, thyme dan bay leaf. Masak selama 30 menit hingga saus mengental dan tomat agak hancur. Angkat, saring. Buang ampasnya. Bubuhi dengan garam dan merica.   

Tetapi dalam cooking class semua dibuat agar tampak begitu mudah, karena semua bahan sudah disiapkan, tinggal digunakan sesuai ketentuan di atas tepung yang sudah siap dibentu sebagai crispy pizza.

(gp/tim) 

Posting Komentar

0 Komentar