Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Kopi di Pagi Hari

Dikutip dari Detik Health Jakarta - Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Minuman ini kerap dikonsumsi pada pagi hari sebelum beraktivitas.
Memangnya seberapa besar sih manfaat mengonsumsi kopi di pagi hari? Dikutip dari scitechdaily, berikut ini adalah beberapa manfaat minum kopi di pagi hari dari sisi medis.

Menurunkan Risiko Kanker
Kopi diyakini dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Terlepas dari klaim masa lalu bahwa kopi mengandung karsinogen, seluruh penelitian justru menunjukkan hal sebaliknya.

Kopi memiliki kandungan polifenol tingkat tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kopi juga dapat merangsang produksi empedu dan menurunkan kadar estrogen, mengurangi risiko kanker.

Menjadi Anti-Depresan
Penyebab utama dari depresi tidak sepenuhnya dapat dipahami, namun peradangan sel otak dianggap berperan. Polifenol dalam kopi bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif yang dapat memicu peradangan.

Studi menunjukkan bahwa minum secangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan menurunnya risiko depresi hingga 8 persen. Studi lain menunjukkan minum setidaknya 4 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah.
Studi menunjukkan bahwa minum secangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan menurunnya risiko depresi hingga 8 persen. Studi lain menunjukkan minum setidaknya 4 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah.

Baca juga:
Banyak Warga Jepang Hidup sampai 100 Tahun, Memang Apa Sih Makanan Favoritnya?
Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Kopi dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa secangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 8 persen. Jumlah yang kopi yang lebih banyak bahkan dapat menurunkan risiko hingga 30 persen.

Kandungan magnesium dan polifenol dinilai sangat berperan. Kedua kandungan tersebut membantu metabolisme glukosa.

Menurunkan Risiko Parkinson dan Alzheimer di Masa Depan
Kopi dapat membantu mencegah penyakit parkinson dengan melindungi sel-sel otak yang memproduksi hormon. Kandungan kafein pada kopi berperan besar terhadap perlindungan tersebut.

Dalam sebuah studi lain yang dilakukan pada 29 ribu responden juga menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah kopi yang dikonsumsi, maka semakin turun juga risiko alzheimer yang dialami di masa mendatang.

Meningkatkan Energi
Kandungan kafein pada kopi dapat menjadi stimulan sistem saraf pusat untuk melawan kelelahan dan meningkatkan energi.

Dalam sebuah studi kecil, konsumsi kafein dapat 'memperlambat' waktu kelelahan selama latihan bersepeda hingga 12 persen. Selain itu kopi secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subyektif pada peserta.

Sumber:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6816273/banyak-yang-nggak-tahu-ternyata-ini-5-manfaat-minum-kopi-di-pagi-hari?utm_source=whatsapp&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=btn&utm_content=health

Posting Komentar

0 Komentar