Ticker

6/recent/ticker-posts

Pendidikan Favorite Anak Muda, Pendidikan Digital!

Dikutip dari Redaksi.Ganjaran.App

Sebenarnya apa sih tujuan pendidikan? Jawabannya saya simple aja, yakni untuk membantu siswa mengembangkan dan meningkatkan minat bakat yang dimiliki.

Sehingga mereka bisa menggunakannya untuk kepentingan diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Untuk itu, sistem pendidikan ini harus bisa mengakomodasi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan anak muda.

Dimana banyak anak muda yang sekarang belajar digital secara otodidak. Secara tidak langsung itu menunjukan keinginan dan kebutuhan mereka. Melihat hal ini, entah harus senang karena artinya kemauan belajar anak muda digital sangat tinggi atau miris karena terbukti masih minimnya ruang dan fasilitas untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang digital.

Melihat fenomena tersebut, tentu Ganjar langsung sat- set berusaha untuk memenuhi apa yang sekarang diminati mereka, yaitu pemahaman digital.

Dalam acara Young On Top National Conference (YOTNC) 2023 yang dihadiri oleh ribuan anak muda, Ganjar dengan lantang menyebut akan siapkan kurikulum pendidikan digital untuk semua sekolah. Mulai dari coding, desain grafis, fotografi, videografi, sampai konten kreator akan dipelajari.

Bagi saya ini pendidikan yang semestinya dilaksanakan dan akan membawa Indonesia ke next level. Selain karena mengikuti zaman yang berubah, pendidikan digital ini langkah yang tepat untuk mewujudkan bakat minat anak muda yang sampai saat ini masih sulit untuk tersalurkan.

Jadi, mereka tidak harus belajar sendiri. Bahkan harus mengeluarkan biaya demi kursus untuk belajar tools digital.

Lagipula siapa sih sekarang anak muda yang nggak kenal dengan teknologi digital? Justru, digital telah menjadi senjata utama mereka untuk menuju kesuksesan. Maka tidak heran, jika sekarang banyak anak muda yang mampu beli rumah di usia muda.

Banyak dari mereka yang berhasil membanggakan orang tuanya melalui karirnya di media sosial. Entah menjadi selebgram, influencer, atau sebutan lainnya yang

Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana dengan mereka yang di pedalaman? Kesulitan akses bukankah membuat mereka semakin sulit mengikuti pendidikan yang menggunakan pemanfaatan digital ini? Tenang. Ganjar telah berpikir seluas itu. Makanya, Capres PDIP ini juga akan siapkan infrastruktur pendukung untuk mereka.

Jujur, saya sangat setuju dengan ide Ganjar ini. Tapi harapannya, pendidikan digital nantinya tidak hanya belajar tools digital saja. Melainkan, bagaimana cara hidup, cara bersosialisasi, hingga cara memanfaatkan digital secara benar dan beretika.

Tujuannya agar digital dapat menjadi ruang yang aman bagi kita semua. Dan akhirnya anak muda bisa mengembangkan kreativitas dan menunjukan dirinya di masyarakat.

(Fadia Andini)

Sumber:

https://redaksi.ganjaran.app/main/posts/ini-dia-pendidikan-favorite-anak-muda-pendidikan-digital

Posting Komentar

0 Komentar