Ticker

6/recent/ticker-posts

Sinyal-sinyal Ridwan Kamil Akan Jadi Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

       Kolase Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil
JAKARTA || grhaputih.com

Dikutip dari  TribunJabar.id - Inilah sinyal-sinyal Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil Presiden Ganjar Pranowo.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri menyatakan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk mengikuti Pilpres 2024.

Hal tersebut ditetapkan diumumkan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Semenjak diumumkan hal tersebut, sejumlah nama pun dikait-kaitkan menjadi bakal calon wakil presiden, salah satunya Ridwan Kamil

Berikut sinyal-sinyal Ridwan kamil dikaitkan menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

1. Saat peletakan batu pertama Monumen Plaza Bung Karno

Terjadi hal menarik saat kegiatan peletakan batu pertama pembangunan monumen Ir Soekarno di Taman Saparua, Kota Bandung.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kridtiyanto; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono; Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus; hingga kader PDI Perjuangan, seperti Ineu Purwadewi dan Bedi Budiman.

Dalam momen tersebut, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto sempat berpantun.

Pantun tersebut membawa-bawa nama Ridwan Kamil sebagai bakal calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo di pemilihan presiden 2024.

"Kang Emil memang kaya prestasi, majukan Jabar penuh karya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi, bacawapres pak Ganjar ternyata ada di sini," ujarnya yang menyebut pantun itu ditujukan untuk Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Rabu (28/6/2023).

Sorakan pun ramai saat pantun tersebut dibacakan oleh Sekjen PDI Perjuangan tersebut.

Pantun tersebut seolah menjadi sinyal bahwa Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Pasalnya, Hasto menyebutkan bahwa bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo ada dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Hasto menegaskan, ia mendapatkan ajaran kata dan perbuatan dari Bung Karno dan Megawati Soekarnoputri,

Apalagi, Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut, katanya, telh resmi mengumumkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung PDI Perjuangan.

"Nama-nama itu hasil dialog bersama Bu Megawati. Kan disebutkan oleh pak Jokowi, seperti ada Ridwan Kamil, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Basuki Tjahja Purnama, dan lainnya.

"Jadi, yang saya sampaikan itu betul, bahkan PKS pun menyebut kang Aher (Ahmad Heryawan) sebagai salahsatu bacawapres, maka di Bandung ini kami harapkan karena hari ini tergelorakan ide pemikiran semangat Bung Karno," katanya

Hasto pun menegaskan, nama-nama bacawapres tersebut adalah hasil kajian dinamis Megawati.

2. Ridwan Kamil mendirikan monumen Bung Karno

Ridwan Kamil bersama Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan monumen Ir Soekarno di Taman Saparua, Rabu (28/6/2023). (Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama)

Hasto Kristiyanto mengapresiasi Ridwan Kamil yang telah membuat 11 monumen Bung Karno dari dalam sampai luar negeri (Al Jazair).

"Tentu kami apresiasi meski terlepas siapa yang nantinya akan ditentukan mendampingi pak Ganjar oleh bu Megawati bersama ketum lainnya di momen yang tepat untuk mengkonsultasikan bersama presiden dan diumumkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasto menilai Ridwan Kamil sebagai sosok pemimpin yang membawa nilai-nilai yang pernah diperjuangkan Bung karno.

Dia juga mengapresiasi upaya Ridwan Kamil yang telah membuat 11 simbol tentang Bung Karno.

"Dari peci dan bajunya (Ridwan Kamil) kayak Bung Karno. Kalau lihat apa yang disampaikan oleh Bung Ridwan Kamil tadi kan luar biasa, ini ada 11 monumen Bung Karno yang telah beliau gagas dan dibangun dengan sangat baik tidak hanya di Indonesia tapi juga di Aljazair. Tentu kami memberikan apresiasi," papar Hasto.

3. Ridwan Kamil sebut pembangunan Monumen Soekarno sebagai bentuk cintanya

Ridwan Kamil pun menanggapi terkait pantun yang membawa namanya.

Menurutnya, budaya pantun adalah budaya Indonesia, dan memang adab tamu kepada tuan rumahnya yang saling mendoakan hingga saling apresiasi.

"Pantun pak Hasto saya balas sebaik-baiknya. Tentu itu doa dan kita aminkan saja. Walau, sebagai seorang yang taat, ada aturan hidup yang saya taati dan digariskan oleh partai Golkar, sehingga apapun takdirnya, ya mudah-mudahan doakan yang terbaik buat semuanya," ucapnya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil pun berbicara soal pembangunan patung Soekarno tersebut.

Ridwan Kamil mengaku pembangunan patung Soekarno tersebut sebagai bentuk kecintaannya terhadap sang proklamator.

Sebagai informasi, patung Soekarno di Taman Saparua bakal menjadi inisiatifnya yang ke 11, setelah sebelumnya ada pula di luar negeri tepatnta di Aljazair.

"Pesan utamanya adalah agar generasi muda bisa menghormati sosok Bung Karno tapi juga memahami pesan-pesannya," ujarnya.

4. Ridwan Kamil resmikan Klinik Pratama Inggit Garnasih

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan klinik Pratama Inggit Garnasih, Kamis (20/7/2023).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan klinik Pratama Inggit Garnasih, Kamis (20/7/2023).

Klinik Pratama Inggit Ganasih berada di Jalan Flores, Kota Bandung.

Sebagaimana diketahui, Inggit Garnasih merupakan salahsatu sosok perempuan yang turut mendukung dan menemani perjuangan Presiden pertama Ir Soekarno.

Pembangunan klinik ini pun tidak kepas dari wasiat Inggit Garnasih, istri Soekarno, Presiden RI pertama, yang ingin membangun klinik.

Peran Ridwan Kamil dalam momen ini pun seolah selaras dengan ucapan Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto menyebut bahwa Ridwan Kamil adalah sosok pemimpin yang bisa membawa nilai-nilai yang pernah diperjuangkan Bung Karno. (gp/tim/SalmaDindaRegina) 


Posting Komentar

0 Komentar