Ticker

6/recent/ticker-posts

Cek Lokasi Kebakaran di Pelabuhan Jongor, Ganjar Minta BNPB Terjunkan Helikopter Bantu Upaya Pemadaman

Dikutip dari 
RADARSOLO.COM - Jumlah kapal nelayan yang terbakar dalam insiden kebakaran di Pelabuhan Jongor, Tegal bertambah. Data terbaru, total 57 kapal terbakar. Bahkan, ada satu rumah yang juga jadi sasaran amukan si jago merah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lokasi kebakaran di Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, Rabu (16/8). Ia datang untuk memantau sekaligus memberikan arahan langsung terkait upaya penanganan dan pemadaman api yang masih terus dilakukan, sehari pascakebakaran.

"Ini ada penambahan kapal yang terbakar karena kondisi angin, maka kami dibantu seluruh tim. Ada dari Angkatan Laut, dari kodim, polres, terus ini komplit dari KKP juga datang semuanya," kata Ganjar.

Ganjar pun bahkan juga melakukan koordinasi dengan Kepala BNPB Suharyanto via telepon, guna bantuan peralatan. Ini mengingat upaya pemadaman yang telah dilakukan masih menemui sejumlah kendala. Seperti kondisi angin kencang dan kebutuhan peralatan untuk menjangkau titik api di area tertentu.

"Memang butuh peralatan, tadi saya sudah koordinasi dengan BNPB agar wali kota membuat surat darurat. Sehingga kalau satu area itu seperti jebakan, mereka masuk di situ dan tidak bisa keluar. Sementara ditembak dengan pemadam kebakaran yang manual tidak selesai. Jadi tampaknya butuh waterboom pakai heli," jelasnya.

Ditegaskan Ganjar, untuk saat ini konsentrasi utama adalah pada upaya pemadaman api. Dia meminta semua pihak terkait, termasuk Basarnas untuk ikut bergotong royong.

Setelah proses pemadaman dan evakuasi bangkai kapal selesai, lanjut Ganjar, akan diambil langkah berikutnya. Yaitu mendesain ulang pelabuhan dan menyiapkan regulasi yang tegas agar kejadian serupa tidak terulang.

"Pasca itu saya sudah minta tadi dari pemkot, dari pemprov, dari KKP juga untuk kita redesign. Bagaimana regulasinya, bagaimana secara fisiknya agar ini bisa diatur dan tidak terulang. Aturannya mesti keras," katanya. (bay/ria)

Sumber
https://radarsolo.jawapos.com/nasional/amp/842748169/cek-lokasi-kebakaran-di-pelabuhan-jongor-ganjar-minta-bnpb-terjunkan-helikopter-bantu-upaya-pemadaman


Posting Komentar

0 Komentar