Ticker

6/recent/ticker-posts

Dampingi Megawati Resmikan Patung Bung Karno, Ganjar Pranowo Dapat Dukungan dari Seniman untuk Jadi Presiden


Dikutip dari news.okezone.com
YOGYAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri bersama bakal calon presiden (bacapres) yang didukung Partai Perindo hadir meresmikan Patung Bung Karno di Oemah Petroek di Sleman Yogyakarta. Patung Bung Karno tersebut merupakan karya pematung kenamaan, Dunadi.

Dunadi mengatakan jika kehadiran Megawati dan Ganjar Pranowo menjadi keberkahan mereka karena presiden kelima RI dan calon presiden yang didukung seniman ini bersedia hadir di Dusun terpencil di kaki Gunung Merapi. Kehadiran Ganjar Pranowo ini menandaskan keberpihakannya terhadap seniman.
Dunadi mengaku pembuatan patung Bung Karno ini sebenarnya sangat terinspirasi oleh Oemah Petroek. Di mana kesejukan tercipta dengan bangunan-bangunan yang sangat megah dan toleransi sangat tercipta di Oemah Petroek.
"Ada tempat ibadah Islam, Kristen, Katholik, Budha Hindu dan berbagai aliran kepercayaan berdampingan,"ujar dia

Dan yang lebih menggembirakan, lanjut dia, ada perpustakaan yang berisi tentang buku-buku tentang Pancasila cukup banyak. Sehingga dia tergugah untuk memberikan kenang-kenangan patung seperti seniman yang lainnya.

Dunadi mengatakan tergugah untuk membuat patung Bung Karno karena selama ini dirinya sering membuat patung Proklamator tersebut dan beberapa kali diresmikan Megawati. Dan kemudian juga Hasto Kristiyanto memberi mandat untuk membuat patung Bung Karno.

"saya tergugah harus saya pasang patung bung Karno di sini (Roemah Petroek) dengan maksud dengan adanya Pancasila,"tambahnya

Patung Bung Karno yang ia buat adalah Bung Karno dengan membawa buku dan satu tangannya menunjuk bendera. Dan ketika didesain ini berarti Bung karno turun gunung. Bung Karno turun gunung ini memberi petunjuk juga kepada semua generasi muda bahwa Pancasila harus gali dan harus dilestarikan.

"begitu pula juga bung Karno adalah seorang seniman. Pak saya selaku seniman beliau sangat luar biasa tentang seniman yang monumen yang ada di Jakarta ide-ide dari beliaunya,"ujarnya.

Oleh karena itu dia berharap presiden ke depan merangkul seniman. Dia bersama dengan teman-teman SMA termasuk Butet Kertarajasa menandaskan jika para seniman makan mendukung kepada Ganjar Pranowo karena merangkul seniman.

"Saya Junadi mewakili seniman bahwa seni dan kebudayaan menjadi salah satu soko guru yang kedepannya kami minta dan kami sudah tahu selama ini Mas Ganjar berada di dalam interaksi tersebut,"tambahnya.


Sumber

https://news.okezone.com/read/2023/08/23/510/2869649/dampingi-megawati-resmikan-patung-bung-karno-ganjar-pranowo-dapat-dukungan-dari-seniman-untuk-jadi-presiden?page=2

Posting Komentar

0 Komentar