Ticker

6/recent/ticker-posts

Kata Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil Menjelang Pensiun sebagai Gubernur

JAKARTA || grhaputih.com

Dkkutip dari nasional.tempo.co - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal memasuki akhir masa jabatannya alias pensiun pada 5 September 2023 nanti. Kedua tokoh politik ini ternyata masing-masing sudah memiliki rencana.

Ganjar: Pamitan ke masyarakat

Ganjar menyatakan akan berpamitan dalam setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat.

"Iya, setiap kali nanti kita pamitan," ungkap Ganjar seusai melepas keberangkatan peserta acara Bank Jateng Tour De Borobudur XXIII 2023 di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Berdasarkan pengamatan Tempo, beberapa kali Ganjar memang terlihat berpamitan kepada masyarakat. Salah satu momentum pamitan Ganjar kepada masyarakat adalah ketika menghadiri acara ritual Tungguk Tembakau di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali pada Kamis, 3 Agustus 2023.

"Ya. Setiap kali kita pamitan nanti kita putar terus. Nanti saya akan ketemu dengan tokoh-tokoh dari masyarakat untuk pamitan," ucapnya.

Diketahui, Ganjar telah menjadi Gubernur Jawa Tengah dalam dua periode. Dia dipastikan tak bisa lagi menjabat di posisi tersebut dan bakal maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Ganjar telah dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 21 April 2023.

Setelah itu, Ganjar juga mendapatkan dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Perindo yang kemudian bergabung dengan koalisi yang dibangun PDIP.

Sebelumnya Ganjar juga telah didukung oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai bakal capres. Namun PSI belum resmi bergabung dengan PDIP untuk mencapreskan Ganjar.

Ridwan Kamil: Keliling dunia

Sama halnya dengan Ganjar, Ridwan Kamil juga akan mengakhiri masa jabatannya pada 5 September 2023. Adapun soal rencananya setelah pensiun, Ridwan Kamil mengaku akan menghabiskan waktunya dengan jalan-jalan.

"Saya mah pensiun jalan-jalan, keliling dunia, karena 10 tahun nggak pergi-pergi secara pribadi," kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga mengharapkan calon penggantinya sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat bisa menjaga prestasi yang telah diraihnya selama menjabat. 

"Jawa Barat kan lagi bagus ya, ada 541 penghargaan, ekonomi terbaik, stunting penanganan terbaik, dan sebagainya, lagi bagus," kata Emil saat ditemui di Istana Negara, Kamis 3 Agustus 2023.

Siapa pun penerusnya, kata Emil, ia akan memberikan pandangannya soal dinamika yang terjadi di wilayah Jawa Barat.

"Karena rata-rata kan bukan pemimpin politik ya, dinamika politiknya, sosialnya saya pasti akan konsinyer," katanya.

Terkait rencana untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub), Emil pernah mengungkapkan jika ibunya menyarankannya untuk melanjutkan jabatan gubernur di DKI Jakarta.

“Kalau Makci mah seorang ibu, selalu memberi nasihat yang baik. Poinnya adalah mana saja yang terbaik. Kalau memang harus di tempat baru, ya pilihan DKI itu menjadi sebuah nasihat,” kata dia, di Bandung, Senin, 31 Juli 2023.

Emil menilai pilihan menjadi Gubernur DKI Jakarta lebih rasional. Kendati saat ini mayoritas menyarankannya untuk melanjutkan jabatan Gubernur Jawa Barat dua periode. Diketahui, Emil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat baru satu periode. Dia masih bisa mengikuti kontestasi Pilgub Jawa Barat untuk periode keduanya.

“Per hari ini mayoritas masih melanjutkan di Jawa Barat. Tapi kalau bukan Jawa Barat, yang paling rasional adalah DKI gitu aja,” kata dia.

Meski demikian, kader Partai Golkar itu mengatakannya pemilihan antara Pilgub DKI atau Pilgub Jabar untuk saat ini masih terlalu dini untuk dibicarakan.

“Kalau media tanya Pilkada, terlalu awal. Saya sudah bilang berkali-kali, nanti saja pada Februari karena presentase di partai itu belum tahu. Apakah bisa sendiri, apakah harus berkoalisi. Masih panjang,” kata Emil.(gp/tim/AdeRidwan)


Posting Komentar

0 Komentar