Ticker

6/recent/ticker-posts

Medsos Ganggu Mental Gen Z, Warga RI Termasuk Parah

JAKARTA || grhaputih.com

Dikutip dari cnbcindonesia.com - Gen Z punya hubungan kompleks dengan media sosial seperti Instagram dan TikTok. Penelitian yang dilakukan McKinsey Health Institute mencoba membongkar dampak teknologi dan media sosial pada gen Z.

Dalam survei Global Gen Z tahun 2022, McKinsey bertanya pada lebih dari 42 ribu responden di seluruh 16 negara. Mereka ditanya soal mental, fisik, sosial dan spiritual.

Salah satunya adalah dampak negatif dari media sosial. Gen Z terlihat memiliki porsi seimbang dari dampak positif dan negatif (32% dan 27%), berbeda dengan generasi lainnya yang memiliki porsi dampak positif yang lebih besar.

Milenial misalnya memiliki 36% dampak positif berbanding 19% dampak negatif. Perbandingan Gen X adalah 35% dan 14%, sementara baby boomers sebanyak 34% dan 9%.

Laporan itu juga membandingkan dampak negatif yang didapatkan Gen Z sesuai dengan waktu yang dihabiskan mereka di media sosial. Jika kurang dari 2 jam hanya 24%, sedangkan 31% untuk kategori lebih dari 2 jam.

"Efek negatif nampaknya paling besar bagi generasi muda, dengan dampak yang sangat nyata bagi Gen Z yang menghabiskan lebih dari dua jam sehari di media sosial dan Gen Z dengan kesehatan mental yang buruk," jelas laporan tersebut, dikutip Selasa (2/5/2023).

Gen Z juga menjadi generasi yang dari Eropa dan Oseania melaporkan paling banyak soal dampak negatif di media sosial. Sementara Asia mengalami hal sebaliknya.

"Responden Gen Z dari Eropa dan Oseania paling banyak melaporkan dampak negatif dari media sosial dan Asia yang paling kecil kemungkinannya (masing-masing 32% dan 19%)," tulis laporan itu.

Gen Z juga tercatat sebagai kelompok yang paling sering menggunakan media sosial. Misalnya ada 35% gen Z yang menggunakan media sosial lebih dari dua jam berbanding dengan 24% milenial, Gen X 17% dan baby boomer 14%.

Pada survey seberapa sering mengecek media sosial, Gen Z juga berada di urutan terdepan. Hampir setengahnya (48%) mengaku mengecek media sosial setiap hari, yang berbeda dengan generasi lainnya yakni 46% milenial, 39% gen X, dan baby boomer 29%.

Namun untuk unggah postingan di media sosial, posisi Gen Z mirip dengan baby boomer yakni 9%. Sementara terbanyak adalah milenial 12% dan Gen X 10%.(gp/tim)


Posting Komentar

0 Komentar