Ticker

6/recent/ticker-posts

Pimpin Upacara di Pemalang, Ganjar : Pramuka Harus Jadi Penggerak Utama Pemuda

JAKARTA || grhaputih.com

Dikutip dari jatengprov.go id - Ketua Majelis Pembina Daerah Pramuka Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyita perhatian peserta Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat provinsi, di Bukit Tangkeban, Desa Nyalembeng, Pulosari, Pemalang, Rabu (30/8/2023).

Sejak tiba di lokasi acara, para anggota pramuka yang hadir berebut untuk bersalaman dan menyapa orang nomor satu di Jateng itu. Tak terkecuali, warga di sekitar lokasi perkemahan.

“Kak Ganjar, ya Allah seneng banget bisa ketemu,” ucap seorang pramuka dari Kabupaten Tegal.

“Kak Ganjar, dari Purbalingga Kak mau disapa juga,” kata anggota pramuka lainnya seraya merekam video menggunakan ponselnya.

Hal serupa juga terjadi saat Ganjar akan meninggalkan lokasi acara. Antusias para anggota pramuka yang berasal dari berbagai daerah di Jateng untuk bersalaman dan berswafoto, sempat membuat Ganjar yang hadir bersama istri yang juga Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Atikoh Ganjar terpisah. Sebab, Atikoh pun melayani begitu banyak anggota pramuka yang ingin bersalaman.

“Pak Ganjar, salim Pak mumpung ketemu,” teriak para anggota pramuka yang mengerumuninya.

Mereka juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan dukungan Ganjar terhadap Pramuka Jawa Tengah.

“Kak matur nuwun sudah hadir dan selalu mendukung nggih. Sukses selalu Kak Ganjar,” seru anggota lainnya.

Dalam kesempatan itu Ganjar menekankan, pramuka adalah penerang generasi bangsa di mana pun berada. Sebab, pemikiran dan tindakannya merupakan teladan bagi anak-anak muda masa kini.

“Pramuka harus menjadi penggerak utama gerakan pemuda, baik mereka yang ada di Kwarnas, Kwarda, Kwarcab, maupun Kwaran. Karena untuk menuju Indonesia emas di tahun 2045, kita memerlukan sumber daya manusia kelas atas,” bebernya.

Dengan segala kemampuan mental, fisik, dan kecerdasan, Ganjar meyakini pramuka dapat menjelma menjadi energi besar, untuk mewujudkan kemajuan negara di masa yang akan datang. Terlebih seluruh anggota pramuka dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan tambahan, yang diberikan para kakak-kakak pembina dalam berbagai kegiatan pengembangan.

“Maka manusia-manusia pramuka tidak akan kaget jika diberi mandat untuk mengelola lingkungan, mengelola sosial kemasyarakatan, pendidikan, kesehatan, perekonomian, sampai kenegaraan,” terang Gubernur Jawa Tengah ini.

Tak hanya itu, Ganjar kagum dengan semangat para anggota pramuka yang telah bekerja membantu masyarakat sepenuh hati dan cinta. Sebab itu, Ganjar mendorong pramuka agar siap mendapatkan tanggung jawab memajukan bangsa.

“Anggota pramuka pasti akan luwes untuk diberikan tanggung jawab apapun karena pramuka akan bekerja bukan hanya dengan kecerdasan saja, tapi juga dengan sepenuh cinta. Inilah pramuka kita,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar turut mengapresiasi 218 orang pramuka Kwarda Jateng, yang berhasil mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan meski diterpa panas ekstrem.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwartir Daerah Jateng, Hernowo Budi Luhur, mengapresiasi dukungan yang diberikan Ganjar selama dua periode kepemimpinannya.

Pasalnya, selama itu pula Ganjar memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan dan fasilitasi seluruh anggota pramuka di Jateng. Kehadiran Kwarda Jateng dalam kompetisi internasional menjadi buktinya.

“Luar biasa, dan perhatian beliau terhadap pramuka patut dijadikan contoh gubernur se-Indonesia,” tandas Hernowo. (gp/tim/Humas Jateng)



Posting Komentar

0 Komentar