Ticker

6/recent/ticker-posts

Survei Polling Institute: RK Paling Unggul Jadi Pendamping Ganjar

JAKARTA || grhaputih.com

Dikutip dari www.cnnindonesia.com - Polling Institute merilis hasil survei nasional terkini soal peta calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Survei merekam bakal calon wakil presiden yang potensial mendampingi Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.
Menurut survei dengan simulasi sejumlah tokoh politik, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil paling unggul jadi cawapres pendamping Ganjar. 

Ia ada di posisi puncak dengan elektabilitas 31,7 persen, disusul politikus PPP Sandiaga Uno, dan eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

"Nama Ridwan Kamil 31,7 persen, Sandiaga Uno 27,1 persen, dan Andika Perkasa 9,2 untuk dipasangkan dengan Ganjar," kata peneliti Polling Institute Kennedy Muslim, dalam konferensi pers, Minggu (10/9).

Menurut Kennedy, nama Ridwan Kamil paling banyak dipilih sebagai bakal cawares karena kinerjanya.

Sementara itu, menurut survei, Menteri BUMN Erick Thohir unggul sebagai bakal cawapres pendamping Prabowo. Ia meraih elektabilitas 28,8 persen.

Kemudian, disusul Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka 17,3 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 8,8 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 8,5 persen, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 4,2 persen.

Lalu, untuk bakal cawapres pendamping Anies Baswedan, nama yang unggul adalah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 32,4 persen. Disusul Khofifah 17,1 persen dan Yenny Wahid 13,8 persen.

Namun, saat ini Anies telah menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapresnya. Pasangan Anies-Muhaimin dideklarasikan pada Sabtu (2/9).
Adapun survei Poling Institute digelar pada 21-25 Agustus 2023. Survei dilakukan dengan metode wawancara lewat telepon dengan 1.201 responden.

Sampling dilakukan dengan random digit dialing. Margin of error survei sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut survei Litbang Kompas yang digelar 27 Juli-7 Agustus 2023, Ridwan Kamil unggul sebagai cawapres dengan elektabilitas 8,4 persen. Kemudian, disusul Sandiaga 8,2 persen, Erick Thohir 8,0 persen, AHY 5,1 persen, dan Mahfud MD 3,7 persen.

Sementara itu, menurut survei LSI pada 1-8 Juli 2023, Erick Thohir unggul di bursa cawapres dengan elektabilitas 14,3 persen.

Posisi kedua ditempati Ridwan Kamil dengan elektabilitas 13,5 persen. Disusul Mahfud MD 9,9 persen, AHY 9,5 persen, Sandiaga 8,9 persen, dan Gibran 7,6 persen.(gp/tim/tsa)

Posting Komentar

0 Komentar