Ticker

6/recent/ticker-posts

Deklarasi Maklumat Penegakan DemokrasiAliansi Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang Ingin Pemilu Berjalan Jurdil

JAKARTA||grhaputih.com

Dikutip dari RM.id - Aliansi Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang, menyelenggarakan deklarasi maklumat penegakan demokrasi.

Dalam deklarasi ini sejumlah elemen masyarakat sipil yang terdiri dari akademisi, budayawan, politikus dan beberapa kelompok masyarakat lainnya, menyatakan aspirasi dan tuntutannya agar semua komponen bangsa, terutama aparat penyelenggara negara memiliki komitmen untuk menjaga demokrasi, sebagai hasil perjuangan reformasi 1998.

“Agar Indonesia tidak kembali ke era otoritarianisme yang membuat Indonesia mundur jauh ke belakang,” ujar Koordinator Aliansi Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang, Teguh Indrayana, di Ruang Rajawali, Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2023).

Teguh menyampaikan, deklarasi maklumat penegakan demokrasi ini digelar agar penyelenggaraan Pemilu 2024 benar-benar dilaksanakan secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia (Luber), serta Jujur dan Adil atau Jurdil.

“Hal ini hanya dapat dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten apabila terdapat netralitas dari Aparatur penyelenggara negara dalam pelaksanaannya,” ingatnya.

Selain menyoroti netralitas aparatur penyelenggara negara, Aliansi Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang juga menyerukan kepada segenap komponen masyarakat madani (civil society) untuk melakukan pengawasan secara cermat pada setiap tahap dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kualitas demokrasi sangat ditentukan oleh kualitas penyelenggaraan pemilunya, karena Pemilu dalam hal ini bukan sekadar ritus elektoral 5 tahunan,” tandasnya.

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.(tim/gp)

Posting Komentar

0 Komentar