Ticker

6/recent/ticker-posts

Ganjar Janji Beri Intensif ke Perusahaan yang Pekerjakan Penyandang Disabilitas

JAKARTA || grhaputih.com

Dikutip dari Bisnis.com - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji akan memberi keuntungan hingga kemudahan kepada perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas jika menangi Pemilu 2024.

Janji itu Ganjar sampaikan dalam acara Hari Disabilitas Internasional 2023 di Mataram, Lombok pada Minggu (3/12/2023). Dia ingin penyandang disabilitas mendapatkan akses serupa dengan warga lainnya, salah satunya akses pekerjaan.

"Pemberian insentif dan konsesi bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas," kata Ganjar, dikutip dari rilis media TPN Ganjar-Mahfud.

Mantan gubernur Jawa Tengah ini meyakini sikap diskriminatif ke kelompok penyandang bisa dihilangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Meski demikian, lanjutnya, harus ada peran aktif pemerintah.

Oleh sebab itu, dia menyebutkan sudah merancang berbagai program unggulan untuk mendukung para penyandang disabilitas agar lebih berdaya.

Selain akses lapangan pekerjaan dan UMKM yang inklusif, Ganjar juga berjanji akan menyediakan akses pendidikan yang berkualitas bagi warga disabilitas melalui peningkatan sekolah inklusif, peningkatan kuantitas sekaligus kualitas SLB (Sekolah Luar Biasa), dan menyediakan beasiswa khusus bagi warga disabilitas.

Pada kesempatan itu, juga banyak penyandang disabilitas yang mengeluhkan ke Ganjar soal hak aksesibilitas khususnya di ruang-ruang publik. Mereka merasa selama ini kebutuhan akses disabilitas acapkali terpinggirkan.

Ganjar ngaku menyadari itu. Dia pun berjanji juga akan mendorong penyediaan inklusivitas infrastruktur seperti ruang publik dan kantor-kantor pemerintahan yang ramah bagi disabilitas apabila terpilih menjadi presiden.

"Saya sudah punya pengalaman pada saat jadi gubernur, waktu itu kelompok disabilitas adalah salah satu kelompok yang selalu kami ajak dalam musyawarah perencanaan pembangunan di samping kelompok perempuan dan anak. Inilah cara membuat setara semuanya dan tidak ada yang ditinggalkan," ucapnya.(tim/gp)


Posting Komentar

0 Komentar