Ticker

6/recent/ticker-posts

Petugas TPU Kober Jatinegara Sebagai Lokasi Canvassing Grha Putih

JAKARTA (7 Desember 2023) || grhaputih.com

Apa kesan pertama mendengar wilayah Rawa Bangke di Jatinegara, Jakarta Timur? Tentunya seram, ngeri, dan angker . Benar, Rawa Bangke dulunya sebuah rawa-rawa yang dikenal tempat buang mayat manusia.

Nama Rawa Bangke berasal dari kata bangkai. Suku Betawi kemudian melafalkan bangkai dengan bangke, maka terucaplah nama bangke. Kini Rawa Bangke berganti nama menjadi Rawa Bunga untuk menghilangkan kesan seram.

Dikutip dari Lembaga Kebudayaan Betawi dan Ensiklopedia Betawi, Sabtu (16/10/2021), nama Rawa Bangke berasal dari bau bangkai yang disebabkan oleh dibuangnya para pemberontak Tionghoa di rawa tersebut hingga membusuk. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1740. 

Pada zaman dahulu di Jatinegara ke utara merupakan daerah rawa yang sangat luas. Di antara sekian banyak rawa itu terdapat satu daerah yang tidak aman. Ini disebabkan seringnya terjadi pembunuhan di wilayah tersebut. Karena banyaknya pembunuhan, bangkai-bangkai manusia akhirnya tidak sempat lagi dibuang jauh-jauh, namun dibiarkan begitu saja di rawa-rawa. 

Di Rawa Bunga ini ada pemakaman kuno yang dulu merupakan pemakaman Belanda, Tionghoa dan Pribumi, yang di blok-blok terpisah. Kini tinggal pemakaman Pribumi yang masih aktif sampai saat ini, sedangkan pemakaman Belanda sudah jadi kompleks sekolah dan pemakaman Tionghoa jadi jalan raya yang terkenal karena film horor “Terowongan Casablanca.”

Ketum Grha Putih mengajak Tim Canvassing untuk membagikan kaos Ganjar-Mahfud kepada para petugas pemakaman yang lebih dari 50 Kk dan bila dihitung dengan anggota keluarganya bisa lebih dari 100 orang. 


“Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa suara pemilih di TPU dan kanpung-kampung sekelilingnya juga potensi yang besar, karena merupakan pemukiman yang padat pendukuknya, mulai dari kampung Kober ( asal kata Kubur/bhs Arab), Prumpung, Gang Mas dan sekitarnya,” jelas Ahmad Akbar Ketum Grha Putih, sata memimpin Canvassing hari Senin sore tgl 4 Desember 2023. (tim/gp).

Posting Komentar

0 Komentar